(021) 7918-4491 regtraining@indo.net.id

Training Basic Collection Skills

Print Outline

Deskripsi

Setelah Mengikuti Pelatihan Keterampilan Pengumpulan Pelatihan Dasar, peserta diharapkan dapat:

  • Memahami fungsi mereka sebagai pemimpin koleksi yang sebenarnya
  • Lakukan tugasnya sebagai pemimpin koleksi dengan baik tercipta suasana kerja yang kondusif serta memiliki tim yang selalu termotivasi
  • Membuat perencanaan dengan baik yang akan membuat pengumpulan tim-nya selalu mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan
  • Memiliki teknik-teknik yang diperlukan dalam koleksi tim
  • Mempengaruhi, mengarahkan dan memberikan contoh koleksi tim-nya untuk selalu menjadi yang terbaik
  • Sehari-hari

 

Metode Pelatihan

  • Diskusi Kelompok
    • Mendorong peserta untuk mendiskusikan materi yang dibahas oleh kelompok
  • Video
    • Mengajak peserta melihat lebih dalam melalui video presentasi ahli yang akan memperkaya pemahaman peserta
  • Studi Kasus
    • Memberikan latihan-latihan untuk beberapa materi yang disajikan
  • Berbagi Pengalaman
    • Partisipasi untuk Berbagi
  • Permainan
    • Peserta yang berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang terkait dengan materi

Pelatihan Fasilitator Keterampilan Pengumpulan Dasar Ferry Basudewo & Billy Asmoro

Ferry Basudewo

  • Sertifikat Lulusan Adelaide Institute of TAFE
  • Alumnus Sarjana Universitas Katolik Parahyangan

Pengalaman Kerja: 

  • Berpengalaman sebagai perbankan selama 20 tahun, dengan posisi terakhir sebagai Wakil Presiden Senior (SVP) di Bank HSBC Indonesia.
  • Personal Sales dan Payroll Sales Head, Sales Head Premier Banking di Bank HSBC
  • Kepala Penjualan & Distribusi di Bank Andara
  • Kepala Penjualan Eceran di Bank Chinatrust Indonesia
  • Kepala Penjualan Regional Wealth Management, Kepala Penjualan CF Perbankan Syariah, Kepala Manajemen Pemulihan, Kepala Penjualan Keuangan Konsumen, Kepala Penjualan Kewajiban Negara & Investasi, Manajer Penjualan Cabang di Bank ABN AMRO
  • Supervisor Penjualan Kartu Kredit di Citibank NA
  • Berpengalaman sebagai fasilitator untuk pelatihan perbankan.

Billy Asmoro

  • Alumnus Gelar Sarjana STIE PERBANAS

Pengalaman Kerja: 

  • Berpengalaman sebagai keuangan perbankan selama 16 tahun, dengan posisi terakhir sebagai Wakil Presiden Senior Asisstant (SAVP) Divisi Bisnis Kartu di Bank Danamon Indonesia.
  • Kepala Manajemen Outsource Penjualan, Kepala Bisnis Outregion Bank Danamon Indonesia.
  • Manajer Manajemen Outsource Penjualan Citibank.
  • Berpengalaman sebagai fasilitator untuk pelatihan perbankan.

Outline Materi

Pelatihan Materi Keterampilan Pengumpulan Dasar yang akan disajikan adalah

Koleksi secara umum

  • Definisi dan Tujuan perlunya penagihan
  • Aspek dan Tingkatan dalam penagihan

Fasilitator akan menjabarkan resolusi penagihan yang dilakukan dengan tujuan dan perlunya dilakukan penagihan. Hal ini menjadi pembukaan yang penting bagi peserta yang mempertimbangkan fungsi dan tugas mereka dalam proses penagihan.

Akan dipaparkan juga mengenai aspek dan tahap dalam penagihan, termasuk di dalamnya adalah susunan organisasi yang ideal untuk tim penagihan. Pemukaan dari fasilitator akan membuka pola pikir partisipan dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih tepat sesuai harpan perusahaan.

Koleksi secara umum

  • Definisi dan Tujuan perlunya penagihan
  • Aspek dan Tingkatan dalam penagihan

Fasilitator akan menjabarkan resolusi penagihan yang dilakukan dengan tujuan dan perlunya dilakukan penagihan. Hal ini menjadi pembukaan yang penting bagi peserta yang mempertimbangkan fungsi dan tugas mereka dalam proses penagihan.

Akan dipaparkan juga mengenai aspek dan tahap dalam penagihan, termasuk di dalamnya adalah susunan organisasi yang ideal untuk tim penagihan. Pemukaan dari fasilitator akan membuka pola pikir partisipan dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih tepat sesuai harpan perusahaan.

Pengorganisasian Koleksi

  • Profil penagih yang baik
  • Tahapan dalam melakukan penagihan

Profil penagih yang baik tidak hanya membuat uang lebih nyaman dalam percakapan, namun juga membuat uang para penagih di lapangan lebih mudah dan tepat sasaran.

Siap dan kapan saja mulai akan bertanya dalam proses penagihan akan diminta oleh fasilitator dalam sesi ini, membahas teknik-teknik dan tips juga akan diberikan sehingga akan menambah keahlian peserta yang dapat dipraktekan pada saat melakukan kegiatan penagihannya sehari-hari.

Teknik Pengumpulan I

  • Bertelepon yang baik dan tepat sasaran
  • Prinsip, Tahapan dan Teknik bertelepon

Bertelepon yang baik dan tepat sasaran tidak hanya membuat uang lebih mudah dalam melakukan komunikasi, juga membuat lebih nyaman dalam memberikan solusi-solusi yang diberikan oleh penagih kepada para pelanggannya.

Prinsip dasar, kualitas suara, tahapan dan teknik bertelepon akan dipaparkan oleh fasilitator termasuk di antaranya adalah teknik menggunakan pertanyaan terbuka sehingga akan menerima salah satu tujuan bagaimana melakukan teknik bertelepon yang sukses bagi seorang penagih.

Teknik Pengumpulan II

  • Negosiasi untuk mendapatkan solusi
  • 10 hal penting dalam negosiasi

Saat berkomunikasi awal melalui telepon dengan persetujuannya merupakan saat pertama disetujui negosiasi, jadi sangat penting untuk dipahami dan dipelajari oleh para peserta.

Disampaikan juga oleh fasilitator tentang 10 hal penting dalam negosiasi untuk menagih ke keuangannya. Fasilitator juga akan memaparkan tentang alasan mengapa tidak membayar, meminta yang marah dan menyebabkan menunggak. Bagaimana seorang penagih memapu membuat catatan penting dan meng-kategorikan keuangannya melalui pencatatan ini akan memudahkan pebagih menyediakan solusi bagi para pembeli.

Strategi Pengumpulan I

  • Kenakalan menjadi akun Normalisasi
  • Strategi mempertahankan keuangan

Pembahasan mengenai strategi dalam penagihan akan dimulai dengan menentukan indeks angka berdasarkan sejarah pemabayaran dan proses kenakalan sampai dengan proses penagihan serta strategi-strategi yang harus digunakan dalam menormalisasi akun yang masuk kategori kenakalan.

Di sesi ini juga akan dibahas mengenai 6 tipe strategi dalam mempertahankan pelanggan, yang harus dikuasai oleh peserta sehingga dalam proses penagihannya sudah sesuai yang diharapkan oleh perusahaan dan membuat nyaman dalam menyelesaikan memenuhi permintaannya.

Strategi Pengumpulan II

Hapus akun
Pemulihan Strategi

Fasilitator akan memaparkan tentang bagaimana cara mengeluarkan pembayaran sehingga dapat dilakukan untuk menghapus akun.

Akan membahas tentang strategi-strategi pemulihan yang membahas juga menunda pembaharuan, termasuk sesi ini adalah bagaimana mengurangi usaha koletor pemulihan internal dan bagaimana memproses proses efisiensi. Diharapakan para peserta akan semakin sulit ditanyakan sebelum akhirnya dilakukan proses penghapusan.

Alat Pengumpul

  • Alat pendukung proses penagihan
  • 9 Alat pendukung penagihan

Aktivitas penagihan akan semakin efektif jika didukug oleh alat yang memadai pula, peserta akan diberikan pemahaman tentang alat pendukung apa saja yang dibutuhkan dalam proses penagihan.

Oleh fasilitator akan membahas mengenai 9 bantuan pendukung penting dalam menunjang kegiatan penagihan, dukungan variasi amplop surat yang dikirim, tingkat penyampaian informasi (sms, whatsapp, email dll.), Sistem penagihan otomatis, panggilan masuk, autodialler, scripting, sistem bantuan online, alat tanda terima pembayaran cepat dan koleksi pihak ketiga.

Pelaporan Koleksi & MIS

  • Memahami dan membaca laporan MIS
  • Penilaian kinerja dan strategi melalui SIM

Dukungan pelaporan dan sistem informasi manajemen akan semakin memaksimalkan perolehan tim penagihan. Memahami dan dapat membaca laporan MIS dengan baik akan menjadi nilai tambah pagi peserta dalam melakukan kegiatan penagihannya sehari-hari.

Bagaimana menilai kinerja kolektor akan membuat lebih baik mempertimbangkan dan memahami apa yang menjadi target utama dalam melakukan penagihan, dalam hal ini juga akan dibahas tentang strategi apa saja yang dapat dilakukan dengan adanya dukungan MIS yang memadai.

Agenda

Waktu

Hari I Hari II
08.30 – 10.00 Koleksi secara umum   

Koleksi -Definisi & Tujuan perlunya koleksi
-Aspek & Tingkatan dalam penagihan
Strategi Pengumpulan 1   

-Delinquenciy menjadi Normalisasi mnrt
-Strategi mempertahankan pendapatan
10.00 – 10.15 Istirahat Istirahat
10.15 – 12.00 Pengorganisasian Koleksi   

-Profil penagih yang baik
-Tahapan dalam melakukan penagihan
Strategi Pengumpulan 2   

-Menghapus akun
Pemulihan -Strategi
12.00 – 13.00 Makan siang Makan siang
13.00 – 15.00 Teknik Pengumpulan 1   

-Bertelepon yang baik & tepat sasaran
-Prinsip, Tahapan & Teknik bertelepon
Alat Pengumpul   

-Alat pendukung proses penagihan
-9 alat pendukung penagihan
15.00 – 15.15 Istirahat Istirahat
15.15 – 17.00 Teknik Pengumpulan 2   

-Negosiasi untuk mendapatkan solusi
-10 Hal penting dalam negosiasi
Pelaporan Koleksi & MIS   

-Memahami & membaca laporan MIS
-Penilaian kinerja & strategi oleh MIS
Close Menu
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to regtraining@indo.net.id

× How can I help you?