(021) 7918-4491 regtraining@indo.net.id

Conflict Resolution Training

Print Outline

Deskripsi

Dalam organisasi perusahaan meskipun sudah diusahakan agar direksi/manajemen dan karyawan  mengikuti pandangan yang sama melalui acuan Visi dan Misi, setiap anggota organisasi bisa saja tetap memiliki pandangan berbeda atas suatu isu atau risiko. Belum lagi stakeholders, pemangku kepentingan perusahaan dari luar organisasi, sering mengajukan pendapat lain. Bila pendapat yang berbeda demikian menjadi parah maka terjadi clash, pertentangan hingga tuntuan hukum (litigasi). Kejadian demikian adalah konflik. 
Usahakanlah menyelesaikan konflik secara efektif, bahkan lebih baik lagi direksi/manajemen sudah mendapatkan early warning signs, akan timbulnya konflik, dan dapat mencegahnya.
Interest-Based Relational Approach – merupakan pendekatan penyelesaian konflik berdasarkan pengertian pembinaan hubungan relasi dengan baik. Pada waktu konflik timbul maka mudah pihak-pihak yang bertentangan menjadi agresif,  tergugah amarah, berdemo dan melalukan tindakan yang merugikan. Marilah kita mendalami bagaimana para akhli resolusi konflik, pengalaman konsultan manajemen dan fasilitator pelatihan dapat mengatasi keadaan merugikan demikian. ACUAN PELATIHAN

  • Pemetaan Potensi Konflik, peta konflik dengan permasalahannya
  • Personality menyelesaikan konflik berbasis  Kecerdasan Emosi (EQ) atau Emotional Intelligence dan Spiritual Intelligence atau SQ serta Komunikasi Efektif
  • Prioritaskan hubungan relasi yang baik
  • Manjadi pendengar yang baik; baru memberikan pengarahan
  • Eksplorasi bersama mencari jalan keluar
  • Tingkatkan saling mengerti dan saling menghargai
  • Selesaikan isu dan krisis agar tidak menjadi permasalahan lain
  • Siapkan strategi implementasi penyelesaian konflik
  • Selain itu pengetahuan berbisnis secara etis yang menuntun agar perusahaan jujur dan mempunyai integritas merupakan pengetahuan pelengkap sangat penting.
  • Kecakapan menyelesaikan komflik mengacu pada: kepandaian menganalisa masalah, komunikasi efektif dan consulting, kecerdasan emosi dan pmenguasai ManajemenTidak Stres, pemahaman persepsi dan kecakapan negosiasi.
  • Tambahan Pengetahuan: Problem Solving & Decision Making

Manfaat mengikuti pelatihan ini menyiapkan pucuk pimpinan dan jajaran manajer SIAP mengahadapi kemungkinan terjadinya KONFLIK; Bertanggung Jawab, bila terjadi konflik dan mengetahui tahapan peneyelesaiannya sebagai NEGOTIATOR ataupun MEDIATOR. Dalam pelatihan didiskusikan studi kasus yang sedang dialami peserta untuk mencapai resolusi, penyelesaian win-win. 

Target Peserta

  • Pemilik dan founder perusahaan/Pucuk Pimpinan
  • Direksi/Management
  • Human Capital Manager (SDM) dengan team
  • Public Affairs Manager & Company Secretary
  • External Relations Manager/ Public Relations Manager dengan team
  • Head of Legal Department (Divisi Hukum)

Metode Pelatihan

  • Presentasi  interaktif melalui Power Point
  • Pembelajaran dari Makalah Akademik
  • Diskusi studi kasus lapangan

Fasilitator

Drs. Ludwig Suparmo, M.Si

Drs. Ludwig Suparmo, M.Si.: meraih Magister Ilmu Komunikasi cum laude dari  Sekolah Pasca Sarjana Sahid. Berkarya di berbagai perusahaan Multi National dan Nasional ternama. Memperoleh pelatihan di berbagai negara. Sejak 1992 menjadi pengajar dan trainer. Telah membaktikan diri untuk beberapa Kementerian, organisasi dan perusahaan BUMN maupun swasta dalam bidang ilmu komunikasi, pembentukan strategi citra serta manajemen issue dan krisis dalam pemantapan ilmu komunikasi praktis.

Close Menu
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to regtraining@indo.net.id

× How can I help you?