(021) 7918-4491 regtraining@indo.net.id

How To Plan & Organize Training

Print Outline

Deskripsi

Dalam proses yang disetujui penyelenggaraan Program Pelatihan, masih dijumpai hal-hal berikut ini, yaitu: (1) Perencanaan Pelatihan yang akan diberikan tidak benar-benar sesuai dengan kebutuhan nyata berdasarkan hasil Penilaian Kebutuhan Pelatihan. (2)  Rencana langkah-langkah yang perlu diambil dalam proses persiapan penyelenggaraan Pelatihan tidak detail, sehingga terjadi kehadiran hal-hal yang dilakukan tetapi tidak ada dalam rancana (Rencana Aksi). Pelatihan antara pihak-pihak yang terkait dengan proses penyelenggaraan Pelatihan, seperti antara Penyelenggara, Pelatih, dan Pengusaha tempat di mana Pelatihan diselenggarakan.

Setelah selesai Program ini, para peserta akan: (1) Memiliki pemahaman yang benar tentang arti Pelatihan Yang Berhasil, serta persyaratan-persyaratan keberhasilannya, yang dalam hal ini termasuk proses perencanaan dan penyelenggaraan. (2) Memiliki kemampuan dalam menerjemahkan hasil TNA ke dalam Rencana Pelatihan yang efektif. (3) Mengenal hal-hal yang menjadi kendala penyelenggaraan Program Pelatihan, serta cara mengatasinya. (4) Memiliki pengetahuan & keterampilan dalam membuat Rencana Pelatihan serta menerjemahkan Rencana Pelatihan ke dalam Rencana Langkah-Langkah yang perlu diambil di tingkat pelaksanaan (Rencana Aksi).

Outline Materi

Materi Plan dan Organize Training yang akan dibahas adalah:

  1. Pelatihan Pengertian sebagai salah satu metode belajar yang efektif
  2. Pelatihan sebagai proses yang tak berujung
  3. Pengertian tentang Pelatihan Yang Berhasil, serta syarat-syarat keberhasilannya
  4. Persepsi yang keliru (miss-concept) tentang Training
  5. Saling keterkaitan antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam membuat Pelatihan berhasil
  6. Bagaimana menerjemahkan hasil TNA sebagai latar belakang diperbaiki Pelatihan
  7. Ke Mana Pergi, Di Mana Kita Sekarang, dan Bagaimana Cara Mencapainya dalam proses membuat Rencana Pelatihan
  8. Bagaimana membuat Pelatihan Sasaran yang SMART
  9. Pelatihan Sasaran yang SMART sebagai alat ukur keberhasilan
  10. Formula dari sebuah Rencana Pelatihan
  11. Saling hubungan antara aspek-aspek yang ada dalam Rencana Pelatihan
  12. Rencana Pelatihan (sbg Bahan Bacaan dan Materi Penjelasan)
  13. Mengenal jenis-jenis perlengkapan dan peralatan serta kegunaannya
  14. Mengenal bentuk-bentuk yang diatur di dalam ruangan serta peruntukannya
  15. Bagaimana menerjemahkan Rencana Pelatihan ke dalam Rencana Tindakan
  16. Bagaimana melakukan kontrol terhadap pelaksanaan Rencana Aksi
  17. Bagaimana membuat Rencana Sesi atau Program Agenda berdasarkan Daftar Garis Besar Materi
  18. Bentuk hubungan dan koordinasi antara Penyelenggara dan Pelatih dalam penyelenggaraan Pelatihan
  19. Panduan mengatur Transportasi, Akomodasi dan Konsumsi bila Pelatihan diselenggarakan di Hotel
  20. Bagaimana membicarakan dan mengguakan Daftar Periksa dalam mengecek Pelatihan

Agenda

Hari ke-1

  • 08.30 – 10.00

            – Pelatihan Pengertian dan perannya dalam pengembangan SDM

            – Pelatihan sebagai salah satu metode belajar yang efektif

            – Mengapa Pelatihan diperlukan

            – Pelatihan Bilamana Diperlukan

            – Manfaat Pelatihan bagi Karyawan, bagi Perusahaan, dan bagi Manajer

  • 10.15 – 12.00

            – Pelatihan sebagai proses yang tak berujung

            – Pengertian tentang Pelatihan Yang Berhasil

            – Syarat-syarat menyetujui Pelatihan

            – Persepsi yang keliru (salah konsep) tentang Pelatihan

            – Peran proses perencanaan dan pelaksanaan terhadap Pelatihan

  • 13.00 – 15.00

            – Saling keterkaitan antara pihak-pihak yang berkepentingan dalam penyelenggaraan Pelatihan

            – Bagaimana menerjemahkan hasil TNA sebagai Pelatihan Latar Belakang Terbaharui

            – Ke Mana Pergi, Di Mana Kita Sekarang, dan Bagaimana Cara Mencapainya dalam proses membuat Rencana Pelatihan

            – Bagaimana membuat Pelatihan Sasaran yang SMART

            – Pelatihan Sasaran yang SMART sebagai alat ukur keberhasilan

            – Latihan  : Membuat Sasaran Pelatihan yang SMART berdasarkan hasil TNA

            – Presentasi:  Setiiap peserta atau kelompok mempresentasikan hasil latihan

  • 15.15 – 17.00

            – Formula dari sebuah Rencana Pelatihan

            – Bagaimana mempersiapkan suatu Rencana Pelatihan dalam bentuk Materi Presentasi

            – Saling hubungan antara Pelatihan Latar Belakang dan Pelatihan Sasaran

            – Pelatihan Penjabaran Sasaran ke dalam Manfaat Pelatihan

            – Hubungan antara Manfaat Pelatihan dengan biaya atau Anggaran yang diperlukan

            –  Latihan:  Peserta membuat Rencana Pelatihan berdasarkan formula yang telah dipelajari

            –  Presentasi  : Setiap peserta mempresentasikan hasil latihan      

Hari Ke-2

        • 08.30 – 10.00

            – Pelatihan Mengenal jenis perlengkapan dan peralatan

            – Penggunaan dan kegunaan dari masing-masing perlengkapan dan peralatan Pelatihan

            – Mengenal bentuk – bentuk ruangan kelas serta peruntukannya

            –  Latihan:  Peserta latihan bersama-sama mencocokkan Bentuk Dalam dan

              Peralatan yang tepat untuk kegiatan yang tepat

        • 10.15 – 12.00

            – Pengertian dari kata “Rencana Aksi”

            – Persyaratan dari Rencana Aksi yang efektif

            – Bagaimana menerjemahkan Rencana Pelatihan ke dalam Rencana Tindakan

            – Bagaimana melakukan kontrol terhadap pelaksanaan Rencana Aksi

            –  Latihan:  Peserta membuat Rencana Tindakan berdasarkan Rencana Taining  

            – Presentasi:  Setiap peserta mempresentasikan hasil latihan

      • 13.00 – 15.00

            – Pengertian dari “Rencana Sesi”

            – Perbedaan antara Rencana Sesi dan Rencana Pelajaran

            – Bagaimana membahas Rencana Sesi revisi dg materi dan waktu yg tersedia

            – Koordinasi antara Penyelenggara dan Pelatihan dalam persiapan Pelatihan

            –   Latihan:  Peserta membuat Rencana Sesi

            –   Presentasi:  Setiap peserta mempresentasikan hasil latihan

      • 15.15 – 17.00

            – Petunjuk mengatur Transportasi, Dewan & Penginapan jika Pelatihan diadakan di Hotel

            – Peran Organizer sebagai Liaison Officer antara peserta dengan Hotel

            – Bagaimana mempersiapkan dan menggunakan Daftar Periksa dalam mengecek persiapanTraining

            – Daftar Periksa sehari sebelum Pelatihan, dan Daftar Periksa sesaat sebelum Pelatihan dibuka

            –  Latihan  : Peserta membuat Daftar Periksa

            –  Presentasi  : Setiap peserta mempresentasikan hasil latihan 

Persyaratan Peserta

Semua peserta DIWAJIBKAN membawa Laptop / Notebook

Fasilitator

Semba Biawan

Semba Biawan yang terakhir bekerja dan mengerjakan masa tugasnya di Coca-Cola Indonesia dan Coca-Cola Amatil Indonesia Kantor Pusat Jakarta, – di mana ia bekerja selama lebih dari 10 tahun sebagai Manajer Pembelajaran & Pengembangan Nasional, serta bekerja lebih dari 35 tahun pada saat manajerial di bidang Sumber Daya Manusia & Pelatihan di perusahaan Nasional dan Multinasional.

Ia memulai karir manajerialnya di thn 1976 sebagai Manajer Sumber Daya Manusia di sebuah Industri Tekstil yang dikelola oleh Bancom dari Pilipina, kemudian bekerja di Hotel berbintang yang bermata rantai internasional yaitu di Regent International, Beufort International, Mandarin Oriental, dan Melia Sol.

Ia belajar di National Hotel Institute (NHI) Bandung, lebih dari 36 tahun yang lalu (lulusan terbaik), selanjutnya mengikuti berbagai Program Pengembangan Manajemen dan Seminar baik di dalam maupun luar negeri, antara lain:

  • Program Pengembangan Manajemen, oleh Prof. Alejandro Reyes dari Asian Institute of Management (AIM), Manila, Filipina
  • Train the Trainer Program, oleh Mr. Gianfranco Astory dari Lausanne Hotel School, Swiss – Siswa Terbaik
  • Pengembangan Pengawasan Komunikasi, oleh Bpk. Sandy Strayer dari Inter-Continental Hotels Corporation, Jakarta
  • Kepemimpinan dan Pengaruh, oleh DR. Roger Gill dari Dimension Development International (DDI), Hongkong.
  • Negosiasi & Presentasi Penjualan, oleh Direktur Layanan Pelanggan The Coca-Cola Company, Grup Pasifik, Kuala Lumpur
  • Dealing With Changes, program pelatihan psikologis, oleh Pacific Institute, Perth, Australia
  • Cara Efektif Dalam Proses Pembelajaran, oleh Mr. Rolando Alpe dari Leading Consulting Network, Makati, Manila
  • OptimaLearning, oleh DR. Ivan Barzakov, spesialis dalam penelitian tentang peran musik dalam proses pembelajaran, Jakarta.
  • Subliminal Dynamic, belajar tentang fungsi bagian bawah sadar otak dalam proses pembelajaran, oleh Mr. Richards L. Welch, K Lumpur

Hampir di semua perusahaan di mana ia bekerja, selalu dimulai dari periode pra-pembukaan dan sebagai tim pembukaan yang terlibat dalam proses yang disetujui dan menyiapkan sistem & prosedur di bidang Sumber Daya Manusia & Pelatihan. Pada saat ia masih aktif di perhotelan, ia melanjutkan pelatihan selama 3 bulan untuk para manajer dari hotel di bawah PT. HII, dan ia terpilih sebagai Pelatih Terbaik (di antara Peserta) di antara 10 pelatih yang ada.

Setelah hampir 10 tahun bekerja di Coca-Cola, Semba Biawan kini memiliki aktivitas sebagai Konsultan Senior Independen di bidang Pembelajaran & Pengembangan Sumber Daya Manusia, yang hingga kini telah memberikan pelatihan kepada banyakorang dari berbagai perusahaan.

Selama bekerja di Coca-Cola, Semba biawan terlibat dalam peroses pelatihan, memfasilitasi, meluncurkan, dan memberikan Pelatihan Program untuk para karyawan Coca-Cola seluruh Indnesia terutama para staf di bidang Penjualan & Distribusi, yaitu Manajer Pusat Penjualan, Supervisor Penjualan, dan Penjual, di samping ia juga terlibat dalam peroses yang digunakan Pusat Pembelajaran Nasional Coca-Cola.

Sampai dengan saat ini ada lebih dari 30 Pelatihan Program yang dirancang dan diberikan di Rumah atau Publik yang berhubungan dengan Kepemimpinan & Komunikasi, Penjualan & Distribusi, Layanan Pelanggan, Manajemen Sumber Daya Manusia & Manajemen Pelatihan, Pemecahan Masalah & Pengambilan Keputusan , dan soft skill lainnya (lihat Daftar Klien untuk In-House Training, terlampir).

Di luar tugas pokoknya, Semba Biawan sejak masih di Coca-Cola hingga saat ini sering untuk menjadi pembicara (pembicara) di berbagai seminar manajemen yang diselenggarakan oleh Seminar Organizer, Lembaga Pendidikan dan Asosiasi Profesional, di samping ia juga banyak menambah di majalah dan surat Berita antara lain di Suara Karya, Bali Post, Buletin Ekonomi BAPINDO, Majalah Psikologi ANDA, dan Majalah
SWA, dan pada tahun 2007 ia menulis buku tentang Kepemimpinan & Komunikasi yang berjudul “Your Words Your Power” yang diterbitkan oleh Gramedia Group, dikirim oleh bukunya yang kedua diterbitkan oleh diterbitkanityang sama (Grup Gramedia) pada Maret 2013 yang berjudul: “Teknik Menjual Diri – Dalam Merebut Lowongan Kerja”.



Next Schedule

  • 12 Nov 2019 - 13 Nov 2019
  • 11 Feb 2020 - 12 Feb 2020
  • 14 Apr 2020 - 15 Apr 2020
  • 18 Jun 2020 - 19 Jun 2020
  • 10 Aug 2020 - 11 Aug 2020
  • 15 Sep 2020 - 16 Sep 2020
  • 10 Nov 2020 - 11 Nov 2020


Topik ini kami jadwalkan di Four/Five Star Hotel. 
Informasi lebih lanjut klik di sini 

Topik ini kami jadwalkan juga di kota-kota lain. 
Informasi lebih lanjut klik link kota: JAKARTA - YOGYAKARTA - BATAM - BANDUNG

 

Close Menu
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to regtraining@indo.net.id

× How can I help you?